Penjelasan tentang Virus Komputer

  1.      Asal Usul Virus Komputer

Virus yang pertama kali muncul di dunia ini bernama [Elk Cloner] lahir kira-kira tahun 1981 di TEXAS A&M. Menyebar melalui disket Apple II yang ada operating systemnya. Sang perusak ini mendisplay pesan di layar : “It will get on all your disks-It will infiltrate your chips–yes it is Cloner!-It will stick to you like glue-It will modify RAM too-send in the Cloner.

Tahun 1988, muncul serangan BESAR terhadap Machintosh oleh virus [MacMag] dan [Scores] dan menyerang jaringan internet oleh virus buatan Robert Morris.Sejak saat itu, penyebaran virus sudah tidak terhitung lagi.Akan tetapi dampak yang ditimbulkan tidak terlalu besar.Sekitar tahun 1995 muncul serangan besar-besaran.Tidak tanggung-tanggung, mereka menyerang perusahaan-perusahaan besar diantaranya Griffith Air Force Base, Korean Atomic Research Institute, NASA, IBM dan masih banyak perusahaan lain yang dianiaya oleh “INETRNET LIBERATION FRONT” di hari ~Thanksgiving~. Karena keberanian dan kedahsyatan serangan itu, tahun 1995 dijuluki sebagai tahunnya para Hacker dan Cracker

 

2.  Defenisi Virus Komputer

Virus_komputer_adalah_suatu_program_komputer_yang_menduplikasikan_dirinya dengandmenyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut.Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer.

Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

3. Kerja Virus Komputer

Virus dalam mendapatkan sebuah informasi dari daftar file yang ada dalam suatu directory. Lalu virus tersebut mencari file-file yang bisa ditulari, saat pemakai membuka program atau file yang sudah terinfeksi oleh virus tersebut maka data yang dibutuhkan oleh virus tercipta. Virus biasanya melakukan pengumpulan data dan menyimpannya di_RAM, sehingga apabila komputer dimatikan data tersebut akan hilang. Dan data tersebut akan tercipta kembali saat komputer dihidupkan, biasanya data-data tersebut disimpan sebagai hidden file oleh_virus. Sebelum melakukan penularan virus akan memeriksa file yang akan ditumpanginya._Hal ini tidak jauh berbeda dengan perilaku virus pada tubuh manusia.

Secara umum virus akan memberikan suatu tanda pada file atau program yang telah terinfeksi sehingga mudah dikenali oleh virus tersebut. Seperti memberikan suatu byte atau tanggal pembuatan yang unik bagi setiap file yang telah terinfeksi.
Proses penggandaan diri yang dilakukan oleh virus setelah memberikan suatu tanda pada file dilanjutkan dengan menuliskan kode objek virus pada file yang sudah diperiksa. Proses penggandaan secara umum dilakukan dengan cara menghapus atau mengubah file inang lalu terciptalah suatu file yang berisi program virus dengan menggunakan nama asli atau dengan cara menumpang pada file yang sudah terinfeksi.

4.Cara Mengatas  Virus Komputer
1._Menggunakan_Antivirus
Penggunaan antivirus sangat membantu dalam mengatasi virus komputer. Pemakaiannya pun sangat mudah, sehingga seorang amatir pun dapat dengan mudah menggunakannya..Antivirus yang tersedia saat inipun beragam jenis dan modelnya mulai dari software gratis sampai yang komersil. Gunakanlah antivirus yang dapat melakukan proses scanning di semua media penyimpanan juga jaringan apabila komputer yang digunakan terhubung dengan jaringan.
Secara umum langkah-langkah yang harus dilakukan apabila kita mengandalkan
sebuah_antivirus_yaitu:
1.Selalu_memperbaharui_antivirus__minimal_setiap_akhir_bulan
2.Menyalakan auto-protect pada komputer agar antivirus selalu melindungi komputer anda
3.Jika komputer terhubung dengan jaringan maka pakailah antivirus_dengan
firewall,_anti_spam.
2._Mengatasi_Secara_Manual
Untuk mengatasi virus secara manual, bukan berarti kita tidak menggunakan antivirus dalam mengatasinya.Secara manual kita melakukan sebuah upaya proteksi dengan melakukan berbagai pencegahan. Berikut ini langkah-langkah secara manual dalam mengatasi virus, yaitu:
• Dalam mengatasi virus makro, contohnya pada microsoft word. Ubah semua document template terutama file NORMAL.DOT menjadi read-only. Dapat juga kita lakukan dengan menghapus file NORMAL.DOT. selanjutnya kita dapat merubah dokumen tersebut dengan membuka Wordpad dan menyimpannya dalam RTF (Rich Text Format).
• Hindari penggunaan disket-disket yang tidak bisa dipercaya sumbernya. Usahakan untuk tidak menggunakan disket-disket yang sudah lama sebab mungkin saja mengandung virus, dan juga jangan sembarangan menggunakan disket dari orang lain yang tidak terjamin kebersihan_disket_dari_virus.
• Melakukan Write Protect. Dengan selalu mengunci Write Protect disket maka, kita dapat lebih meminimalkan kemungkinan penularan virus sebab virus tidak bisa menulis pada disket yang_telah_di-Write_Protect.
• Membuat sub-directory untuk program-program baru. Hal ini bisa melokalisir beberapa virus_apabila_program_kita_terjangkit_virus.
• Periksa secara rutin registry Windows di bagian \HKEY_CURRENT_USER\ Software\ Microsoft\ Windows\ Current Version\ Run, apakah menemukan sesuatu yang mencurigakan jika_menemukan_itu_hapus_bagian_yang_mencurigakan_itu.
• Set atribut file WINSOCK.DLL menjadi read-only, untuk memperkecil kemungkinan virus untuk_memanipulasinya.
• Catat tanggal, ukuran, dari file yang mencurigakan sebab akan berguna suatu saat apabila benar file tersebut mengandung virus.

 

About BleedCorpse


Tinggalkan komentar